Disusun oleh :
1.
Wawan
harianto (098 554 305)
2.
Agnes
dwi kurnia (098 554 308)
3.
Ririn
amalia (098 554 312)
4.
Arum
astriasih (098 554 321)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
PRODI ADMINISTRASI PERKANTORAN
2011
KATA PENGANTAR
Dengan
memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat
dan karunia – Nya kepada tim penulis sehingga dapat menyelesaikan Laporan
Hubungan Masyarakat yang dilaksanakan pada : “SMK
NEGERI 10 Surabaya” dengan judul “Studi Deskriptif
Penerapan Sistem Kehumasan di SMK Negeri 10 Surabaya”
Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan laporan ini berkat bantuan dan
tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk
itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih kepada
Wakasek Kehumasan SMK Negeri 10 Surabaya. Bapak
Drs. Putut Hariyanto yang
sebesar – besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan laporan
ini.
Penulis menyadari bahwa dalam proses penyusunan laporan ini masih dari jauh
dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya sehingga penulis dengan
rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran dan usul guna
penyempurnaan laporan ini.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi seluruh
pembaca.
Surabaya, 27 Nopember 2011
Penyusun
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar
........................................................................... i
Daftar
Isi
.................................................................................... ii
BAB
I
A. Latar
belakang
................................................................. 1
B. Rumusan
masalah
............................................................ 2
C. Tujuan
.............................................................................. 2
D. Manfaat
penelitian
........................................................... 2
E. Metodologi
penelitian
...................................................... 3
F. Waktu
dan tempat penelitian
........................................... 3
BAB
II
A. Profil
sekolah
................................................................... 4
B. Denah
sekolah
.................................................................. 6
C. Budaya
sekolah
................................................................ 7
D. Sarana
dan prasarana
....................................................... 7
E. Visi
– misi dan tujuan
...................................................... 8
F. Keunggulan
SMK N 10 Surabaya
................................... 8
G. Tujuan
pendidikan menengah kejuruan
........................... 9
H. Kebijakan
mutu dan sasaran mutu
................................... 10
I. Program
dan strategi pencapaian sasaran mutu
............... 10
J. Struktur
organisasi
........................................................... 12
K. Kehumasan
...................................................................... 15
L. Data
Prestasi SMK N 10 Surabaya
………………………. 19
M. Gambar
Ruang Humas SMKN 10 Surabaya ……………. 21
BAB
III
A. Kesimpulan
...................................................................... 24
B. Saran
................................................................................ 24
Daftar Pustaka
........................................................................ 25
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Humas merupakan suatu bagian dari sebuah
organisasi yang sangat penting untuk perkembangan atau kemajuan sebuah
organisasi. Dalam sebuah organisasi humas ada kalanya berdiri sendiri dan ada
pula yang bergabung menjadi satu dengan
salah satu bagian. Dalam pengenbangan sebuah organisasi maka humas harus
memiliki banyak relasi yang dapat di ajak kerja sama dengan organisasi
tersebut.
Dalam sekolah ,peran humas tidak kalah
pentingnya dengan bagian – bagian yang lainnya. Banyak hal yang dilakukan
bagian humas demi terciptanya kemajuan nama sekolah. Misanya di SMK N 10
Surabaya, humas bekerja sama pada perusahaan dengan jumlah kurang lebih 108
perusahaan. Dan setiap tahunnya perusahaan tersebut bisa berganti dengan
perusahaan lain, pergantian tersebut biasanya terjadi jika ada perusahaan
yang baru didirikan. Mereka meminta
siswa – siswa SMK N 10 Surabaya untuk prakerin (praktek kerja lingkungan) di
perusahaan mereka.
Apabila
dalam suatu sekolah peran humas kurang begitu baik, maka sekolah akan
berkembang dengan sangat sulit. Untuk mempromosikan sekolahnya merupakan tugas
humas yang tidak mudah. Karena hal itu akan membawa citra diri dari pada
sekolah tersebut. Membangun sebuah kepercayaan dari pada masyarakat adalah hal
sangat sulit.
Untuk
itu humas harus pandai – pandai memberikan sebuah kepercayaan kepada
masyarakat, agar mereka mau datang dan mengizinkan anaknya untuk menempuh
pendidikan di sekolah itu. Berdasarkan pengamatan
diatas maka dari itu penulis ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana sistem
kehumasan di SMKN 10 Surabaya, maka dari itu penulis mengambil judul “Studi
Deskriptif Penerapan Sistem Kehumasan di SMK Negeri 10 Surabaya”
B.
RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan latar belakang
permasalahan di atas, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Bagaimana seluk – beluk SMK N 10
Surabaya?
2. Apa saja kerja sama yang dilakukan
oleh humas di SMK N 10 Surabaya?
3. Dengan siapa saja Surabaya SMK N 10
humas menjalin kerja sama?
4. Apa saja kegiatan humas di SMK N 10
Surabaya?
C.
TUJUAN
PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah diatas,
maka tujuan penyusunan laporan observasi ini adalah sebagai berikut :
1.
Mengetahui Seluk – Beluk SMK N 10 Surabaya
2.
Mengetahui apa saja bentuk dari kerja sama yang dilakukan
oleh humas SMK N 10 Surabaya.
3.
Mengetahui dengan siapa saja humas SMK N 10 Surabaya
menjalin kerja sama.
4. Mengetahui apa saja kegiatan humas
SMK N 10 Surabaya.
D.
MANFAAT
PENELITIAN
Menambah pengetahuan khususnya bagi
penulis dalam hal penelitian. Sebagai bahan rujukan atau perbandingan bagi
Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 10 Surabaya untuk mengetahui sistem
kehumasannya sehingga dapat melakukan tindakan tepat yang efektif bila masih
terdapat kelemahan sehingga bisa melakukan perbaikan.
E.
METODOLOGI
PENELITIAN
Metode yang penulis gunakan dalam penelitian
ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif adalah metode penelitian yang
meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu pemikiran
ataupun suatu peristiwa masa sekarang. Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah penulis dapat mengetahui gambaran secara sistematis,
faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta gejala yang sudah diselidiki.
Adapun
langkah – langkah penelitiannya sebagai berikut :
1. Menyusun
proposal penelitian sosial. Penyusunan proposal dilakukan sebagai langkah awal
dalam melakukan penelitian. Penyusunan ini terdiri dari menentukan topik yang
dipilih. Setelah itu peneliti merumuskan masalah.
2. Wawancara
adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara Tanya
jawab sambil bertatap muka antara si peneliti dengan objek penelitian
3. Kuesioner
adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara
menyebarkan selebaran yang diisi oleh objek penelitian.
4. Pengolahan
Data. Setelah data – data terkumpul, penulis akan mengolah data tersebut dengan teknik tabulasi.
Penyusunan
Laporan. Setelah tahap – tahap sebagaimana diuraikan diatas, maka langkah
selanjutnya adalah menyusun laporan agar tujuan dan manfaat dapat
dikomunikasikan.
F.
WAKTU
dan TEMPAT PENELITIAN
Tempat :
SMK Negeri 10 Surabaya
Waktu
: dilaksanakan mulai tanggal 2 – 5 November
2011.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
PROFIL
SEKOLAH
SMK Negeri 10 Surabaya merupakan SMK
bidang keahlian Bisnis Manajemen dan Pariwisata dibawah naungan Departemen
Pendidikan Nasional, dalam hal ini Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan
Menengah yang mengemban misi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
SMK Negeri 10 Surabaya dahulu bernama
SMEA Negeri 3 Surabaya. Berdiri tanggal 7 Maret 1987, SMKN 10 Surabaya
merupakan salah satu SMK Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) yang
sudah bersertifikasi SMM ISO 9001 – 2008 dari TUV NORD.
Sertifikat tersebut diperoleh karena SMK
Negeri 10 Surabaya memiliki visi – misi yang baik serta mempunyai tujuan
menghasilkan tenaga kerja yang profesional dan terampil sesuai dengan Tuntutan
Dunia Usaha / Industri sehingga tercipta sekolah bertaraf internasional.
Program Keahlian yang ada di SMK
Negeri 10 Surabaya :
·
Administrasi
Perkantoran ( APK )
·
Akuntansi (AK)
·
Multimedia (MM)
·
Pemasaran (Pmsr)
·
Perbankan (PB)
·
Usaha Perjalanan Wisata
(UPW)
SMK Negeri 10 Surabaya :
] Alamat :
Jalan Keputih Tegal – Sukolilo
] Telp :
031 – 5939581
] Website
:
www.smkn10surabaya.com
] @
Facebook : SMKN – 10 Keputih Surabaya
B.
DENAH
SEKOLAH
C.
BUDAYA
MALU
1. MALU KARENA
DATANG TERLAMBAT
2. MALU KARENA
MELIHAT REKAN SIBUK MELAKUKAN AKTIFITAS
3. MALU KARENA
MELANGGAR PERATURAN
4. MALU KARENA
BERBUAT SALAH
5. MALU KARENA
BEKERJA/BELAJAR TIDAK BERPRESTASI
6. MALU KARENA
TUGAS TIDAK TERLAKSANA/SELESAI TEPAT WAKTU
7. MALU KARENA
TIDAK BERPERAN AKTIF DALAM MEWUJUDKAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH
D.
SARANA dan
PRASARANA
·
Ruang kelas
·
Bank mini
·
Smega Tour & Travel
·
Lab. Akuntansi
·
Lab. Perkantoran &
Komputer
·
Lab. Perbankan
·
Lab. Komputer Pemasaran
·
Lab. Praktik Pemasaran
·
Lab. Komputer
Multimedia
·
Lab. Studio Multimedia
·
Lab. UPW ATW
·
Lab. UTW STW
·
Perpustakaan
·
SAS (Self, Access,
Study)
·
Lab. Multi Education
·
Kantin
·
Tempat Ibadah
·
UKS
·
AULA
E.
VISI
– MISI dan TUJUAN
·
Visi
SMKN 10 Surabaya
Menjadi SMK bertaraf
Internasional untuk menghasilkan tamatan yang berdaya saing global, unggul,
beriman dan bertaqwa.
·
Misi SMKN 10 Surabaya
1. S Sertiikasi Internasional
2. M Memelihara SMM
ISO 9001 : 2008
3. K Kerja 70% dan
Wirausaha 30%
4. T Trampil,
bermutu, beriman dan bertaqwa
5. E Etos belajar
tinggi dan bersemangat
6. N Nyata dalam prestasi,
cerdas dan berkepribadian
·
Tujuan
1. Menjadi
lembaga pendidikan yang dikelola secara profesional sehingga dapat mencapai
Sekolah Bertaraf Internasional.
2. Menjadi
lembaga yang dapat memuaskan pelanggan di bidang Bisnis Manajemen dan
Pariwisata serta Teknologi Informasi yang diakui oleh dunia usaha dan industri.
F.
KEUNGGULAN
SMKN 10 Surabaya
·
SMK Negeri 10 Surabaya
merupakan SMK RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional).
·
Pada tahun 2006 mendapat
Sertifikat SMM/ISO 9001:2000 dari TUV NORD.
·
Memiliki kerjasama yang luas
dengan DU/DI baik dalam maupun luar negeri.
·
Satu-satunya sekolah yang
mempunyai SMEGA TOUR & TRAVEL sebagai Teaching Factory.
·
Memiliki Native Speaker.
·
Memiliki Self Access Study.
G.
TUJUAN
PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
Tujuan Umum
1.
Meningkatkan keimanan
dan ketaqwaan peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.
Mengembangkan potensi
peserta didik agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia, sehat, berilmu,
cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab
3.
Mengembangkan potensi
peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keaneka
ragaman budaya bangsa Indonesia
4.
Mengembangkan potensi
peserta didik agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, dengan secara
aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup serta memanfaatkan
sumber daya alam dengan efektif dan efisien
Tujuan
Khusus
1. Menyiapkan
peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi
lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga
kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang
dipilihnya
2. Menyiapkan
peserta didik agar mampu memilih karier, ulet, dan gigih dalam berkompetensi,
beradaptasi dilingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang
keahlian yang diminatinya
3. Membekali
peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar mampu
mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang
pendidikan yang lebih tinggi
4. Membekali
peserta didik dengan kompetensi – kompetensi yang sesuai dengan program
keahlian yang dipilih
H.
KEBIJAKAN
MUTU dan SASARAN MUTU
Kebijakan Mutu
SMK Negeri 10 Surabaya bertekad menjadi
penyelenggaran pendidikan dan pelatihan yang berorientasi pada mutu, dengan
berpedoman pada SMM yang “HEBAT” yakni :
H Harus berorientasi pada kepuasan
pelanggan
E Efektif, Efisien dan Etos kerja yang
tinggi
B berani berinovasi
A Ambisi untuk berprestasi
T Terampil menerapkan kompetensi sesuai dengan perkembangan
IPTEK
Sasaran Mutu
Sasaran mutu SMK Negeri 10 Surabaya tahun pemelajaran
2010/2011 :
1. Minimal 75% tamatan semua kompetensi
keahlian memperoleh nilai ujian nasional bahasa Indonesia > 7,0
2. Minimal 70% tamatan memperoleh nilai
ujian nasional matematika > 6,00
3. Minimal 50% tamatan memperoleh skor
TOEIC > 400 dan memperoleh nilai ujian nasional bahasa Inggris >
7,00
4. Minimal 70% jumlah tamatan yang
bersertifikat Uji Kompetensi sesuai dengan keahliannya terserap pada DU/DI
5. Meningkatkan mutu akademis guru dari
S1 ke S2 menjadi 15 %
I.
PROGRAM
dan STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN MUTU
Adapun
strategi pencapaianya adalah : Untuk mencapai sasaran mutu maka SMK Negeri 10
Surabaya memberdayaan sumber daya yang
ada selama periode
9 Agustus 2010 sampai dengan 30 Juni 2011 secara bertahap sesuai
Program Kerja Sekolah tahun pelajaran 2010/2011.
Adapun strategi
pencapaianya adalah :
1.
Tahun 2011:
·
Bahan ajar bilingual untuk
Matematika, IPA, KKPI, TI, FISIKA, KIMIA dan mata pelajaran Produktif.
·
Semua ruang kelas sudah dilengkapi
sarana pembelajaran berbasis TIK.
·
Pembelajaran berbasis TIK pada
semua mata pelajaran
·
Pembelajaran dengan bahasa inggris
untuk mata pelajaran kelompok sains ,
matematika, dan inti kejuruan.
·
MOU dengan mitra internasional
·
Adopsi dan Adaptasi kurikulum
Dengan mitra internasional
( OECD )
2.
Tahun 2012 :
·
20 % guru berpendidikan S2 dari
perguruan tinggi terakreditasi A
·
20 % siswa berwirausaha dan 50 %
bekerja
·
Pertukaran guru dengan mitra
internasional
·
Sistem informasi sekolah online
3.
Tahun 2013 :
·
30 % guru berpendidikan S2 dari
perguruan tinggi terakreditasi A
·
25 % siswa berwirausaha dan 60 %
bekerja
·
Sister school dengan mitra
internasional
·
Praktik kerja industri di Luar
Negeri
4.
Tahun 2014 :
·
Sertifikasi internasional
·
30 % guru berpendidikan S2 dari
Perguruan Tinggi terakreditasi A
·
30 % berwirausaha dan 70 % bekerja
·
Siap sekolah bertaraf
internasional
·
Penyaluran tenaga kerja ke luar
negeri
J. STRUKTUR ORGANISASI SMK
NEGERI 10 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011
No | JABATAN | NAMA | |
1 | Kepala Sekolah | Dra. Hj. Tatik Kustini,MM | |
2 | Bidang Litbang / WMM | Drs. Eko Suprayitno | |
| Sektetaris | Lilik Mariyani, SE | |
3 | Wakil Kepala Sekolah | | |
| 3.1 | Bidang Kurikulum | Dra. Hardiani |
| | Sekretaris | Geminiwati, SE |
| | Staf Pembelajaran | 1. Drs. Maslikan |
| | | 2. Eko Purnomo, Ssi |
| | | 3. Sugiono, Spd |
| 3.2 | Bidang Kesiswaan | Dra. Arie Andariani |
| | Sekretaris | Drs. Agus Mardiarto |
| | Pembina OSIS | Zaenal Ach. Basuki, SPd |
| | Koordinator Tata Tertib | Drs. Untung Agung Marsono |
| | Koordinator Bimbingan Penyuluhan | Dra. Indri Sri Wulan |
| 3.3 | Bidang Hubungan Industri & Masyarakat | Drs. Putut Hariyanto |
| | Sekretaris | Gunadi, SPd |
| | BKK | Dra. Evi Ika Haviani |
| 3.4 | Bidang Sarana & Prasarana | Elisabeth Andrianingtyas, SE |
| | Sekretaris | Kokok Sapto Rahardjo, SPd |
| | Ka. Lab. Administrasi Perkantoran & Komputer | Hj. Puji Kantiastuti, SE |
| | Ka. Lab. Akuntansi | Drs. Bambang Heri Sasongko |
| | Ka. Lab. Perbankan | Drs. Soemarsono |
| | Ka. Lab. Komputer Pemasaran | Budi Prapto, SPd |
| | Ka. Lab. Praktik Pemasaran | Drs. Mulyoko |
| | Ka. Lab. Multi Education | Drs. Budi Sutrisno |
| | Ka. Lab. UPW ATW | Rosita Rica Mayasari, SSt. Par |
| | Ka. Lab. UPW STW | Akhir Purnomo, SPd |
| | Ka. Lab. Komputer MM | Kokok Sapto Rahardjo, SPd |
| | Ka. Lab. Studio MM | Dwi Setyanti, SPd |
| 3.5 | Bidang SDM | Nurkholis, SPd, MHI, MTHI |
| | Sekretaris | Tjatur Liestijawati, SPd |
4 | Program Keahlian | | |
| 4.1 | Ka. Prog. Keahlian Adm. Perkantoran | Sri Inah, SPd |
| | Sektetaris | Nanik Surarni |
| 4.2 | Ka. Prog. Keahlian Akuntansi | Dra. Hj. Sulistyorini |
| | Sektetaris | Drs. Bambang Heri Sasongko |
| 4.3 | Ka. Prog. Keahlian Perbankan | Dra. Hj. Wahyuning Kismono |
| | Sektetaris | Hj. Dwi Purwati, SPd |
| 4.4 | Ka. Prog. Keahlian Pemasaran | Hari Effendi, SPd |
| | Sektetaris | Dwi Indah Setyowati, SPd |
| 4.5 | Ka. Prog. Keahlian Usaha Perjalanan Wisata | Wiwik Fatmawati, SPd |
| | Sektetaris | Rosita Rica Mayasari, SSt, Par |
| 4.6 | Ka. Prog. Keahlian Multi Media | Budi Hariyanto, ST |
| | Sektetaris | Dwi Setyanti, SPd |
5 | Unit Produksi Sekolah | | |
| | Ketua | Drs. Bambang Pudjoantoro |
| | Sekretaris | Dra. Hj. Sumitri |
| | Bendahara | Lilik Andiani, SPd |
| 5.1 | Pengelola Sub Unit Bank Mini | |
| | Ketua | Dra. Watini |
| | Bendahara | Hj. Puji Kanti Astuti, SE |
| | Sektetaris | Lilla Asih Wulandari |
| | Pengawas | Dra. Hj. Sulistijorini |
| 5.2 | Pengelola Sub Unit Kewirausahaan | Dra. Maria Goretti Sri Harnanik |
| | Koordinator Kelas Kewirausahaan | Drs. Bibit Purwoko |
| | Koordinator Kursus Bhs. Jepang | Bini, SPd |
| | Koordinator Kecantikan | Purwiwandari N, SE |
| | Koordinator Kursus TOEIC | Akhir Purnomo, SPd |
| 5.3 | Pengelola Sub Unit Cafetaria | Dra. Denok Tri Margahayu |
| 5.4 | Pengelola Sub Unit Smega Tour & Travel | |
| | Ketua | Drs. H. Agus Tulus Harsanto |
| | Bendahara | Akhir Purnomo, SPd |
| | Sektetaris | Slamet Widodo, SPd |
| | Ur. Pemasaran | 1. Drs. Slamet Hariyanto |
| | | 2. Sugiono, SPd |
| 5.5 | Bisnis Center | |
| | Ketua | 1. Drs. Mulyoko |
| | Sektetaris | 2. Dwi Indah Setyowati, SPd |
| | Bendahara | 2. Siti Alfiah Hartati, SPd |
6 | Ketatausahaan / Bagian Umum | | |
| Koordinator | Sri Mulyati | |
| a. Petugas Ketatausahaan | | |
| a.1 | Urusan Persuratan | 1. Rr. Aswani Wasis Widowati |
| | | 2. Simin Ariyanto, SH |
| a.2 | Urusan buku induk | 1. Julius Simsom Kelas X |
| | | 2. Riyanto Kelas XI |
| | | 3. Mufatachatin Kelas XII |
| a.3 | Kepegawaian | Dewantoro Rachman |
| b. Petugas Bagian Umum | | |
| b.1 | Petugas SIM | 1. Gadis Kurnia Febri |
| | | 2. Dewantoro Rachman |
| b.2 | Petugas Bisnis Center | Suhri |
| b.3 | Petugas Musholla | Mufatachatin |
| b.4 | Petugas Laboran | Rahadian dan anggota |
| b.5 | Petugas Pengantar Surat | M. As’ad |
| b.6 | Petugas Perpustakaan + Driver | Muchlis |
| b.7 | Petugas Kebersihan | 1. Jarono |
| | | 2. Triman |
| | | 3. Luluk Alfiah |
| | | 4. Kristiningsih |
| | | 5. Suhri |
| | | 6. M. As’ad |
| b.8 | Petugas Keamanan | 1. Imam Hambali |
| | | 2. Achmad |
| | | 3. Nur Chabit |
7 | Kebendaharaan | | |
| 7.1 | Bendahara Rutin | Drs. Aydi Susanto |
| 7.2 | Bendahara BOPDA | Purwiwandari, SE |
| 7.3 | Administrasi BOPDA | 1.Suwanti |
| | | 2. Tri Agustinandari |
| | | 3. Isnin Nur Syamsiah |
| | | 4. Ismaningsih |
K.
KEHUMASAN
SMK Negeri 10 Surabaya merupakan suatu
sekolah yang berstandart RSBI dan menggunakkan sistem pengajaran dengan sistem
ISO dan terakreditasi tipe “A”.
Sistem kehumasan disini berdiri sendiri
tidak dirangkap pada bagian lain, ada 6 jurusan disini tapi kehumasan jadi satu
bagian. Diawal tahun masing – masing unit harus membuat program rencana kerja
diantaranya :
a. Optimalisasi
peningkatan kerja sama dengan DU/DI
b. Perekrutan
lulusan dan penyaluran tenega kerja
c. Menjalin
kerjasama dengan alumni
d. Jadwal
siswa OJT di DU/DI ( prakerin dilakukan selama 3 bulan)
e. Optimalisasi
nilai kerja sama
f. Analisis
evaluasi kerja tiap tahun.
Untuk
OJT karena ruangannya terbatas jadi
jadwal harus sesuai, olahraga dan agama harus di luar kelas. Prakerin biasanya
dilakukan selama 3 bulan dan diberi pengarahan untuk pembekalan siswa. Bentuk
kerja sama dengan alumni yang dilakukan oleh humas yaitu, kegiatan 17 Agustus,
pondok Ramadhan dan juga halal bihalal. Dan
dalam hal ini sesuai dengan tujuan Humas
didalam sebuah organisasi/lembaga, yakni :
1. Meningkatkan
partisipasi, dukungan dan bantuan secara konkret dari masyarakat baik berupa tenaga, sarana prasarana, maupun dana
demi kelancaran dan tercapainya tujuan pendidikan.
2. Menimbulkan
dan membangkitkan rasa tanggung jawab yang lebih besar pada masyarakat terhadap
kelangsungan program pendidikan disekolah secara efektif dan efisien.
3. Mengikutsertakan
masyarakat dalam memecahkan permasalah yang dihadapi sekolah.
4. Menegakkan
dan mengembangkan suatu citra yang menguntungkan bagi pihak sekolah
5. Membuka
kesempatan dan mengembangkan suatu citra yang menguntungkan bagi sekolah.
Sama
seperti sekolah-sekolah lainnya yang mempunyai corak seragam yang berbeda-beda,
SMK Negeri 10 pun mempunyai corak seragam bagi semua murid-muridnya, sehingga
dari seragam sekolah itulah cirri khas dari SMK Negeri 10 Surabaya dapat terlihat.
pengaturan seragam itu seperti yang akan kami bahas dibawah ini :
1.
Untuk siswa
kelas XII penggunaan seraga pada hari Senin-Selasa ialah putih abu-abu.
Rabu-Kamis atasan putih dan bawahan rok hitam span (untuk permpuan), sedangkan
pada hari jum’at dan sabtu menggunakan seragam Prakerin dan baju olahraga.
2.
Untuk siswa
kelas X dan XI penggunaan seragam ialah, Senin-Selasa baju seragam putih
abu-abu, hari Rabu menggunakan seragam atasan putih bawahan hitam rok span
(untuk perempuan), hari kamis menggunakan seragam Prakerin, hari Jum’at seragam
batik, hari sabtu seragam Pramuka dan baju olahraga.
3.
Seragam Prakerin
disetiap jurusan pun berbeda-beda, hal ini dikarenakan untuk menjadi ciri khas
tersendiri disetiap jurusan, pengaturannya ialah :
a)
Jurusan Adm.
Perkantoran atasan putih, bawahan span hitam, jas hitam polos
b)
Jurusan
Akuntasi, atasan putih bawahan kotak-kotak biru
c)
Jurusan
Perbankan, atasan putih, bawahan orange (untuk perempuan rok span orange)
d)
Jurusan
Multimedia, atasan dan bawahan biru
Bentuk kerja sama dengan DU/DI, SMKN 1
Surabaya menjalin kerja sama lebih dari 108 perusahaan di daerah Surabaya dan
Sidoarjo. Tiap tahun kerja sama dengan perusahaan bisa berubah, bisa lebih
banyak atau malah berkurang. Biasanya ada perusahaan yang menawarkan langsung
untuk menjalin kerja sama, biasanya adalah perusahaan yang baru saja berdiri.
Diantaranya adalah :
1.
PT. PAL
2.
PT.
National Label
3.
PT. Alim
Surya Steel
4.
PT.
Angkasa Pura I
5.
PT. Pos
Indonesia
6.
PT. PLN
UPTD Surabaya Utara
7.
PT.
Merpati Nusantara Air Line
8.
BKKBN
9.
PT. SAKES
10. BAPEKO
11. PT. Salam Pasifik
12. PT. United Lintas Persada
13. PT. SIER
14. PT. Matahari
15. PT. Ramayana
16. PT. Alfa Omega Sehati Mitra
17. PT. Haryono Travel
18. Bank Rakyat Indonesia
19. Bank JATIM
20. Bank Tabungan Nasional
21. PT. TX Travel
22. PT. KAHA T & T
23. HPI Jatim
24. PACTO T & T
25. PT. Delta Tour
26. PT. ERIDAN TLT
Selain kerja sama dengan
perusahaan, SMKN 10 Surabaya juga melakukan cara promosi untuk memperkenalkan
profil dari sekolah tersebut. Cara promosi yang dilakukan antara lain :
1)
Mengikuti penyelenggaraan
pameran pendidikan SMK di JATIM EXPO
2)
Pembuatan dan penyebaran
brosur/flyer
3)
Wartawan datang ke
sekolah untuk mempromosikan sekolah, dengan menulis artikel tentang SMK N 10
Surabaya
4)
Memiliki website dan
akun jejaring sosial
Karena berstandar RSBI dan bersertifikat ISO, maka sekolah ini harus
terakreditasi “A” dan nilai UNAS harus baik dan konsisten.
DATA PRESTASI SMKN 10 SURABAYA
NO | Pelaksanaan | Kejuaraan | Penyelenggara | Juara | Nama Siswa |
1 | 2008 | SMAGESTFEST | SMA GIKI 2 Surabaya | I | Yeti Marissa Erine Vioya Rosa W Dewi Ari |
2 | 2009 | Lomba Poster Anti HIV Aids Stop Narkoba antar SLTA se Kota Surabaya | Diknas Kota Surabaya Unilever KPAD Kota Surabaya Spektra | II III | |
3 | 2009 | UNESA Open III antar DOJO se Indonesia | UNESA | I II III | Adi Devi Rima Dwi Yeti Marissa |
4 | 2009 | PORPROV JATIM | KOHI JATIM | II | Yeti Marissa |
5 | 2009 | Lomba Out Bound STOP AIDS STOP Narkoba | Diknas Kota Surabaya Unilever KPAD Kota Surabaya Spektra | Harapan I | 15 siswa |
6 | 2010 | UNESA Open IV antar DOJO se Indonesia | UNESA | I II III III | Yeti Marissa Rini Novianti Adi Devi Putri Trebel |
7 | 2010 | Kategori Lomba Replika Jembatan | ITS | II | Nida’ul Chasanah |
8 | 2010 | Kegiatan pentas seni | ITS | III | Wati Kristian Nikmatul F Vika Mardiana Dosi Ratnasari Ellen Wuri |
9 | 2010 | Penyaji Terbaik Cherleader | Se Kecamatan Sukolilo | I | Team |
10 | 2010 | Penyaji Terbaik Cherleader | Diknas Kota Surabaya | II | Team |
11 | 2010 | Lomba Kompetensi Siswa SMK Tk. Prop Jatim | Dinas Pendidikan Prop Jatim | I II Harapan I Harapan II | Maftuhah Eva Dwi O Aniatus Z Siti M |
12 | 2010 | Lomba Pidato Bung Karno Tk SLTA se Kota Surabaya | Perpustakaan Nasional RI UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno | Harapan II | Leorede Ano Oky FT |
13 | 2010 | Lomba gerak Jalan TK. Kota Surabaya | | I | |
14 | 2010 | Lomba Karikatur KPU Surabaya | | II | |
15 | 2010 | Lomba Cheerleader Tk. Kota Surabaya | | Harapan I | |
Gambar Ruang
Wakasek Humas
Mading SMKN 10 dimana pada saat itu terdapat data penempatan magang bagi siswa kelas
Mading SMKN 10 dimana pada saat itu terdapat data penempatan magang bagi siswa kelas
Salah satu ruang kelas yang menggunakan LCD
di SMKN 10 Surabaya
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Sesuai dengan observasi yang kami
lakukan kemarin pada hari jum’at tanggal 4 Nopember 2011. Bahwa sistem
kehumasan di SMK N 10 Surabaya sudah sangat baik, mereka menjalin kerja sama
dengan banyak perusahaan. Ada kalanya kerja sama tersebut dilakukan untuk
bidang prakerin (praktek kerja lingkungan) dan untuk promosi.
Untuk bidang prakerin mereka menjalin
kerja sama dengan perusahaan yang jumlahnya kurang lebih 108 perusahaan.
Perusahaan tersebut bukan hanya di lingkungan kota surabaya saja, namun ada
yang bertempat di kota sidoarjo. Dalam promosi mereka menggunakan media untuk memperkenalkan
sekolah mereka pada khalayak umum seperti jawa pos dan sebuah pameran di jatim
expo.
B.
SARAN
Dalam bidang promosi SMK N 10 Surabaya
seharusnya tidak hanya lewat satu media, pameran, dan brosur. Mereka bisa
menggunakan papan reklame, website serta jejaring sosial untuk keperluan
promosi, agar mudah dijumpai dan cepat diketahui oleh masyarakat. Mereka juga
bisa mencantumkan visi misi dalam media tersebut tersebut. Untuk promosi yang
menggunakan media, alangkah baiknya jika tidak hanya menggunakan 1 media.
Mereka bisa menggunakan 2 atau lebiah media, agar promosi tersebut bisa
menyebar di kalangan masyarakat dengan mudah dan cepat.
DAFTAR
PUSTAKA
www.smkn10surabaya.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar